Goa Rangko Menikmati Oase Beratap Stalagtit di Labuan Bajo

Discover the world heritage within Komodo National Park
Goa Rangko Menikmati Oase Beratap Stalagtit di Labuan Bajo

Labuan Bajo, tidak hanya Komodo dan gugusan pulau dengan destinasi bahari yang memesona seperti Pink Beach, Pulau Padar, Manta Point dan lainnya.
Salah satu destinasi khas di peissir Labuan Bajo yang layak dikunjungi adalah Goa Rangko yang berasa di Desa Tanjung Boleng.

Goa Rangko merupakan destinasi berbentuk Goa Batu yang didalamnya terdapat kolam yang merupakan hasil intrusi air laut yang menembus rekahan bebatuan.
Selain itu, memasuki Goa Rangko akan langsung disambut rangkaian stalagtit dan stalagmit yang menambah keindahan tempat ini.

Puncak pesona keindahan tempat ini terjadi ketika kolam ini mendapatkan asupan sinar matahari yang masuk melalui mulut Goa. Pemnadangan air kolam berwarna biru terang akan terlihat jernih dan bercahaya bak kristal.
Kondisi dalam Goa yang sebelumnya gelap akan berubah menjadi terang karena dinding-dinding dalam Goa akan memantulkan cahaya sinar matahari yang masuk melalui mulut Goa. Waktu terbaik untuk menikmati momen ini adalah pada pukul 13.30 hingga 15.00 WITA

Dusun Rangko terletak tidak jauh dari kota Labuan Bajo (sekitar 15 km sebelah Timur kota), dan dapat diakses dengan moda transportasi darat. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi lanskap perpaduan bukit-bukit kecil dan lautan lepas timur laut kota Labuan Bajo.

Rute menuju Ranko bisa melewati jalur Trans Utara Flores sepanjang bukit Sylvia serta Pelabuhan Multipurpose Wae Kelambu, atau bisa juga melalui jalur Wae Bo - Lancang melalui jalur Menjerite.

Usai kapal berlabuh di dermaga kayu, perjalanan menuju ke mulut Goa Rangko akan ditempuh dengan trekking selama 10 menit menyusuri rindangnta pepohonan yang tumbuh sepanjang jalur setapak tanah. 
Untuk memasuki bagian dalam Goa, telah tersedia tangga dari kayu di atas susnan bebatuan. Di sisi tangga juga dipasang papan pegangan.

Selain spot wisata Gia Rangko, Desa wisata Rangko juga dikenal sebagai penghasil Ikan Cara (Sancara) terbaik dari semua desa pesisir di wilayah kabupaten Manggarai Barat.
Ikan Cara (Sancara) merupakan jenis ikan pesisir yang seringkali diolah dengan dikeringkan dengan kearifan lokal khas Rangko, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan digemari.

Atas kekayaan potensi alam yang dimiliki, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menetapkan Dusun Rangko (Desa Tanjung Boleng) menjadi salah satu dari 30 Desa Wisata Tematik yang masuk dalam Peta Perjalanan (travel pattern) yang tersebar di wilayah Flores, Alor, Lembata, hingga Bima (NTB) yang layak dikunjungi.
Pengalaman yang diberikan oleh tiap-tiap desa wisata ini dijamin akan memberikan pengalaman berwisata yang khas dan berkesan.

Jadi, kapan berkunjung ke Goa rangko?

Rencanakan Perjalananmu

icon
Panduan Perjalanan

Ada banyak pilihan untuk sampai ke Labuan Bajo, tergantung dari mana Anda akan berangkat. Mulai dari via darat, laut, atau udara. Cek booklet terbaru Travel Guide Labuan Bajo and Beyond.

Temukan
icon
Rekomendasi

Siapa yang tidak ingin berlibur di Labuan Bajo? Bagi Anda yang ingin menikmati liburan ke Labuan Bajo, sebaiknya unduh terlebih dahulu panduan wisata berikut supaya perjalanan Anda aman dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Dapatkan Rekomendasi
icon
Informasi Visa

Visa merupakan salah satu dokumen wajib bagi Anda para WNA yang akan berlibur ke Labuan Bajo. Pastikan Anda sudah menyiapkan semua dokumen. Klik lebih lanjut untuk informasi rinci.

Baca Selengkapnya
icon
Registrasi Online

Ingin berlibur sambil mengetahui cerita di balik keindahan Labuan Bajo di setiap sudutnya? Kami telah menyediakan sistem informasi untuk mempermudah perjalanan Anda sebelum menuju dan selama berada di Labuan Bajo. Silakan pilih perjalanan mandiri atau menggunakan Travel Agent yang sudah kami sediakan. Daftar Sekarang!

Daftar