Wae Rebo

Discover the world heritage within Komodo National Park
Wae Rebo

Kampung Wae Rebo adalah sebuah kampung adat terpencil dan misterius yang terletak di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kampung Wae Rebo berada di pegunungan ± 1200 m di atas permukaan laut, memiliki 7 rumah utama yang disebut Niang dalam bahasa Manggarai dan memiliki arsitektur yang sangat unik. Satu unit rumah dihuni oleh 7-8 keluarga, rumah ini berbentuk kerucut dan bundar serta memiliki diameter dan tinggi yang sama sama yang lain.

Pada tahun 2012 Kampung Wae Rebo diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia sebagai penghargaan bagi masyarakat lokal yang memiliki komitmen untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya secara turun temurun. Dari pusat kota Ruteng kampung ini berjarak ± 65 km untuk sampai Kampung Denge (kampong terakhir) di lereng pegunungan Hutan Todo dengan waktu tempuh ± 1,5 jam, kemudian dilanjutkan perjalanan trekking ± 4 jam untuk mencapai Kampung Wae Rebo di Puncak Pegunungan.

Banyak Wisatawan maupun peneliti yang berlama-lama di Wae Rebo untuk mencari tahu asal muasal dan keunikan arsitektur Mbaru Niang Wae Rebo. Untuk mencapai Wae Rebo, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 6 km dari Desa Dintor menuju Desa Denge menggunakan motor. Tidak sampai situ, Anda masih harus melewati perjalanan dari Denge menuju Wae Rebo kurang lebih sekitar 3 jam waktu pendakian dengan pemandangan hutan lebat dan jurang.

Video

Rencanakan Perjalananmu

icon
Panduan Perjalanan

Ada banyak pilihan untuk sampai ke Labuan Bajo, tergantung dari mana Anda akan berangkat. Mulai dari via darat, laut, atau udara. Cek booklet terbaru Travel Guide Labuan Bajo and Beyond.

Temukan
icon
Rekomendasi

Siapa yang tidak ingin berlibur di Labuan Bajo? Bagi Anda yang ingin menikmati liburan ke Labuan Bajo, sebaiknya unduh terlebih dahulu panduan wisata berikut supaya perjalanan Anda aman dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Dapatkan Rekomendasi
icon
Informasi Visa

Visa merupakan salah satu dokumen wajib bagi Anda para WNA yang akan berlibur ke Labuan Bajo. Pastikan Anda sudah menyiapkan semua dokumen. Klik lebih lanjut untuk informasi rinci.

Baca Selengkapnya
icon
Registrasi Online

Ingin berlibur sambil mengetahui cerita di balik keindahan Labuan Bajo di setiap sudutnya? Kami telah menyediakan sistem informasi untuk mempermudah perjalanan Anda sebelum menuju dan selama berada di Labuan Bajo. Silakan pilih perjalanan mandiri atau menggunakan Travel Agent yang sudah kami sediakan. Daftar Sekarang!

Daftar