Desa Wisata Golo Loni, Siap Memikat Wisatawan dengan Keindahannya

Created at 2024-10-12

Golo Loni, 12 Oktober 2024- Setelah menyelesaikan kunjungan kerja BPOLBF di Kabupaten Ende, Frans Teguh, Plt. Direktur Utama bersama Tim juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Wisata Golo Loni Manggarai Timur tepatnya di Kafe Parlelo milik pokdarwis setempat saat perjalanan pulang kembali ke Labuan Bajo. 

Disambut dengan pemandangan sawah yang begitu indah dan memanjakan mata, tim juga disuguhkan Kopi khas Manggarai Timur dilengkapi dengan pangan lokal.

Desa Wisata Golo Loni merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Manggarai Timur. Letaknya yang sangat strategis yakni di jalur Trans Flores menjadikan desa ini potensial untuk menjaring kunjungan wisatawan. Daya tarik utama Desa Wisata Golo Loni adalah agrowisata seperti spot memancing di air tawar, aktivitas pertanian dan atraksi wisata tirta seperti river tubing dan river camp. Selain itu, aktivitas bird watching di kawasan hutan juga menjadi pilihan aktivitas wisata yang dapat dipilih oleh wisatawan. 

Secara geografis Desa Golo Loni berbatasan langsung dengan kawasan hutan konservasi. Keberagaman vegetasi dan potensi hutan konservasi tersebut merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk dikembangkan menjadi daya tarik ekowisata. 

Desa Wisata Golo Loni memiliki keunikan atraksi wisata yakni River Tubing, wisata air dengan memanfaatkan sungai sebagai tempat atraksi. Atraksi Wisata River Tubing ini merupakan satu-satunya di daratan Pulau Flores. Selain itu, desa wisata ini juga memadukan wisata alam dan agrowisata dengan atraksi wisata olahraga bersepeda dan memancing dalam satu kawasan agrowisata. Desa yang terletak di pinggir kawasan hutan TWA (Taman Wisata Alam) ini juga merupakan rumah bagi burung endemik Flores sehingga atraksi wisata pengamatan burung juga menjadi paket wisata yang dijual kepada wisatawan. 

Desa Wisata Golo Loni, juga meraih prestasi dengan, masuk dalam 15 Besar Nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2024. 

Disambut dengan begitu hangat, Frans Teguh, Plt. Direktur Utama BPOLBF memberi apresiasi kepada Desa Wisata Golo Loni yang selalu berkembang dengan banyak atraksi-atraksi baru. 

"Saya kagum sekali, Desa Wisata Golo Loni ini semakin berkembang, dan semakin mengerti dengan segmen pasar berkat komitmen dan kerja keras seluruh masyarakat, Kepala Desa, dan Pokdarwis. Dengan tingkat kunjungan yang terus meningkat ini tentu akan berdampak positif pada ekonomi lokal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Inisiatif dalam pengembangan infrastruktur dan pelatihan bagi penduduk setempat telah membantu mereka dalam pengelolaan usaha homestay, kuliner dan souvenir," Ungkap Frans.

Frans menambahkan BPOLBF berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi Desa Golo Loni, dengan fokus pada keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Melalui kolaborasi yang erat dengan masyarakat, pemerintah, dan pihak swasta, ia yakin Golo Loni akan semakin dikenal dan dicintai wisatawan, serta menjadi model pengembangan desa wisata yang sukses.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi desa golo loni, dengan fokus pada keberlanjutan dan pelestarian lingkungan. Melalui kolaborasi yang erat dengan masyarakat, pemerintah, dan pihak swasta kami yakin Golo Loni akan semakin dikenal dan dicintai wisatawan, serta menjadi model pengembangan desa wisata yang sukses," tambah Frans.

Johan Okalung selaku Kepala Desa Golo Loni menyampaikan  target pengembangan Desa Wisata Golo Loni Kedepannya adalah dengan membuat website resmi sebagai desa wisata. Kami berharap akan ada kolaborasi pemasaran paket wisata Golo Loni yang ditargetkan dilakukan secara digital.

"Kami memiliki target untuk Desa Golo Loni agar dapat memiliki website resmi sebagai desa wisata. Kami berharap akan ada kolaborasi pemasaran paket wisata Golo Loni yang ditargetkan dilakukan secara digital. " ungkap Johny saat kunjungan BPOLBF ke Desa Wisata Golo Loni pada Jumat (11/10/2024) lalu.

Johan juga menyampaikan perencanaan pariwisata Desa Wisata Golo Loni di tahun 2025 yaitu secara peningkatan akses jalan ke farm stay dan air terjun, lanjutan pembangunan jalan tani/jalan sepeda. Pembuatan papan informasi pariwisata. Penataan daya tarik wisata dan penyempurnaan atraksi untuk dijual sebagai paket wisata. Peningkatan kualitas pemandu wisata melalui pelatihan dan sertifikasi. Pelatihan UMKM bersama TIKTOK. Kerjasama dengan Travel Agent di Labuan Bajo dan Event Festival. Pembuatan Website dan Pengetahuan Konten Media Sosial.

Paket wisata yang dimiliki Desa Wisata Golo Loni saat ini adalah Jelajah Air Terjun, Golo Depet (Bukit Kunang-Kunang), Agrowisata Golo Loni, Danau Rana Mese, Menganyam Tikar, Pengamatan Kupu-Kupu, Rice Field Trekking, Camping Ground, Bersepeda, River Tubing, Jelajah Gua Alam, Fun Tubing Anak-Anak, Jelajah Air Terjun dan Tarian Caci.

Desa Wisata Golo Loni memiliki 4 Homestay dengan harga per malam yaitu 350,000/malam termasuk sarapan dan makan malam.

 

 

-------

Sisilia Lenita Jemana

Kepala Divisi Komunikasi Publik

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores

thumbnail

Bahasa Isyarat Indonesia, Langkah Pengembangan Pariwisata Inklusif di Labuan Bajo Flores

  Labuan Bajo, 19 September 2024-  Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berkolaborasi dengan Komunitas Belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISIND...

thumbnail

Wana Rhapsodya: Event Musik di Tengah Keindahan Alam Parapuar

  Labuan Bajo, 18 Oktober 2024- Dalam rangka meningkatkan brand awareness Parapuar dan menciptakan event baru di Labuan Bajo, Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kre...

thumbnail

Festival Lamaholot: Jembatan Melestarikan Budaya dan Persaudaraan

  Labuan Bajo, 17 Oktober 2024-  Festival Lamaholot kembali digelar di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Festival Lamaholot sendiri merupakan salah satu fes...

Ada pertanyaan ?

Lihat FAQ ? atau Hubungi Kami