Evaluasi Penerapan Aplikasi SiOra Menuju Penggunaan yang Lebih Efisien

Created at 2025-02-12

 

Labuan Bajo, 12 Februari 2025- 

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menggelar rapat Evaluasi Penerapan aplikasi  SiOra pada Selasa (11/02/2025). Rapat evaluasi ini bertujuan untuk meninjau efektivitas implementasi aplikasi SiOra dalam rangka meningkatkan efisiensi pelayanan publik serta memastikan integrasi sistem berjalan optimal bagi seluruh pemangku kepentingan. Rapat evaluasi tersebut dihadiri oleh para stakeholder terkait di Manggarai Barat. 

Aplikasi SiOra dilengkapi sistem Informasi Manajemen Konten Destinasi Wisata (Digital Guide), Konten Regulasi, Reservasi Kunjungan Wisata & Pembayaran Tiket di Taman Nasional Komodo yang dicetuskan dan dikelola langsung oleh BTNK. 

 

Hendrikus Rani Siga kepala BTNK menyampaikan apresiasi serta memohon masukan, saran dan juga partisipasi aktif semua pihak untuk keberlangsungan, pengembangan dan penyempurnaan implementasi aplikasi SiOra. 

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepada teman-teman semua yang sudah membantu kami dalam hal penggunaan aplikasi ini secara konsisten dan juga secara aktif juga untuk memberikan masukan dalam rangka pengembangan penyempurnaan penggunaan aplikasi ini. Jadi saya harapkan kita berkomitmen bersama untuk menggunakan aplikasi ini sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Komodo. Dalam hal ini kami harapkan para pengunjung sudah memiliki tiket online sebelum naik kapal dari Labuan Bajo”, ungkap Hendrikus 

Lebih lanjut, Hendrikus menjelaskan bahwa pengembangan aplikasi SiOra saat ini memiliki fitur lengkap yang mencakup semua kebutuhan informasi para pengunjung, seperti sistem zonasi, interpretasi mandiri, serta kemampuan untuk tracing keberadaan pengunjung. Selain itu, aplikasi SiOra memiliki sistem manajemen sosial yang lebih cepat. Seterusnya, aplikasi ini kemungkinan akan terus dikembangkan sesuai dengan dinamika yang diperlukan, dengan fokus utama pada peningkatan kualitas layanan, fasilitas, dan transparansi pelayanan publik. 

Berdasarkan catatan hasil evaluasi dan implementasi penerapan aplikasi SiOra per tanggal 10 Februari 2025, terdapat total reservasi sebanyak 4.189 pengunjung, diantaranya sebanyak 741 pengunjung Nusantara dan sebanyak 3.448 pengunjung Mancanegara sebanyak. Dari total reservasi tersebut, terdapat 465 transaksinya berhasil. 

Frans Teguh, Plt. Direktur Utama BPOLBF, menyampaikan dukungannya terhadap penerapan aplikasi SiOra dengan menekankan perlunya kolaborasi dari semua pihak. 

"Kami menyambut positif kehadiran aplikasi SiOra yang kami yakini dapat makin meningkatkan kualitas layanan pengunjung terutama mengingat kawasan Taman Nasional Komodo merupakan kawasan yang membutuhkan inovasi manajemen pengunjung. Penyediaan infrastruktur digital seperti pengembangan dan penerapan aplikasi Siora ini kami kira sangat tepat sehingga mempermudah akses layanan kepada para wisatawan, akuntable, dan dapat menciptakan pengalaman berwisata yang aman, bertanggung jawab dan berkualitas. Penyelenggaraan sistem ini tentu saja dapat tercapai melalui kolaborasi serta kepatuhan semua pihak, demi menjadikan Labuan Bajo destinasi unggulan yang lestari dengan manajemen pengelolaan yang tertata, yang dapat diwariskan bagi generasi mendatang." Ujar Frans. 

Beberapa catatan terkait optimalisasi penggunaan aplikasi SiOra, yakni, disarankan melakukan reservasi sebelum waktu kunjungan, memastikan tipe akun sesuai dengan jenis pemesanan atau karakter pemesan (tersedia tipe akun Traveller, TA/TO dan Ship Owner), melakukan scan e-tiket pada setiap pintu masuk yang tersedia (khusus diving dan kegiatan perairan lainnya dapat scan e-tiket di Komodo Visitor Center), memastikan telah mengupdate aplikasi Siora versi terbaru yang akan diinfokan melalui Instragram btn.komodo (saat ini versi 1.2.16), serta untuk tiket khusus yang membutuhkan SIMAKSI dapat mengajukan permohonan secara online melalui website siora.id pada menu “service”. 

SiOra memiliki dua platform aplikasi yaitu, Aplikasi mobile berbasis Android dan iOS untuk wisatawan/pelaku dan Aplikasi berbasis web untuk manajemen konten destinasi (indoor dan outdoor), regulasi, pentarifan, monitoring & laporan dan back office untuk reservasi dan pembayaran, dimana aplikasi ini khusus diperuntukkan petugas/staf Balai Taman Nasional Komodo. 

Aplikasi SiOra bisa di download melalui playstore dengan mengakses link bit.ly/Siora atau melalui appstore bit.ly/SioraAppstore.  

 

 

------------------

Sisilia Lenita Jemana

Kepala Divisi Komunikasi Publik

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores

thumbnail

Sinergi untuk Pelestarian: BPOLBF dan BPTNK PS Gali Potensi dan Tantangan Dusun Kerora

  Labuan Bajo, 16 April 2025-  Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) bersama Badan Peduli Taman Nasional Komodo dan Perairan Sekitarnya (BPTNK P...

thumbnail

Tingkatkan Kualitas Destinasi Pariwisata, KEMENPAR Gelar Gerakan Wisata Bersih (GWB) di Labuan Bajo

  Labuan Bajo, 12 April 2025 –  Kementerian Pariwisata berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Injourney Tourism Development Corporat...

thumbnail

Harmoni Jazz dan Alam Timur: Suksesnya International Golo Mori Jazz 2025 di Labuan Bajo

  Labuan Bajo, 12 April 2025-  Internasional Golo Mori Jazz 2025 (IGMJ) sukses diselenggarakan pada Sabtu, (12/04/2025) di kawasan Injourney Tourism Developme...

Ada pertanyaan ?

Lihat FAQ ? atau Hubungi Kami