Labuan Bajo, 09 Juli 2025 –
Dalam rangka memperkuat sinergi promosi destinasi dan memperluas jangkauan pemasaran event pariwisata, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menggelar bincang santai bersama General Manager (GM) dari hotel-hotel di Labuan Bajo. Pertemuan yang berlangsung di Kantor BPOLBF, Labuan Bajo, pada Rabu (09/01/2025) ini difokuskan pada pembaruan informasi event serta strategi promosi kolaboratif, khususnya untuk dua event unggulan: Picnic Over The Hill (POTH) Vol. 4 dan Weekend at Parapuar.
Pertemuan ini menjadi bukti nyata sinergi antara BPOLBF dan pelaku industri dalam memperkuat ekosistem pariwisata Labuan Bajo Flores. Melalui promosi terpadu dan penyelenggaraan event yang berkualitas, diharapkan Labuan Bajo dapat terus menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara secara berkelanjutan.
Plt. Direktur Utama BPOLBF, Dwi Marhen Yono, menyampaikan bahwa keterlibatan pelaku industri sangat penting dalam memperluas jangkauan promosi dan menciptakan dampak ekonomi langsung kepada masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya keberlanjutan program pariwisata yang berbasis komunitas dan pelibatan lokal.
“Kolaborasi dengan industri merupakan kunci untuk memperluas dampak ekonomi dari setiap event yang kami selenggarakan. Kami berharap industri tidak hanya menjadi saksi, tetapi juga mitra aktif dalam promosi dan distribusi setiap event dan kegiatan di Labuan Bajo,” ungkap Marhen.
Lebih lanjut, Marhen juga menambahkan bahwa Weekend at Parapuar merupakan salah satu event unggulan BPOLBF yang akan diselenggarakan sebanyak dua kali dalam sebulan, mulai Juli hingga Desember 2025 mendatang. Event ini dirancang sebagai wadah pagelaran seni dan budaya yang melibatkan talenta lokal serta menjadi alternatif aktivitas darat (land-based activity) bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.
Dalam diskusi tersebut, sejumlah komitmen dan langkah konkret disepakati antara BPOLBF dan pelaku industri pariwisata sebagai bentuk sinergi mendukung promosi event dan pengembangan destinasi. Untuk mendukung promosi POTH Vol. 4, BPOLBF akan mendistribusikan flyer dan banner promosi ke industri hotel. Selain itu, apabila memungkinkan, tiket event juga akan disediakan untuk dijual langsung oleh pihak industri kepada wisatawan sebagai bagian dari kerja sama distribusi tiket resmi.
Sementara itu, untuk memperkuat promosi Weekend at Parapuar, pihak industri menyatakan dukungan penuh melalui pemasangan banner dan brosur promosi di area hotel serta titik-titik strategis lainnya. Event ini juga akan diperluas melalui kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Bank NTT, dalam bentuk lomba antar sekolah yang menjadi pra-event sebelum pertunjukan sanggar budaya.
BPOLBF juga membuka kesempatan bagi industri untuk mengirimkan daftar event yang dapat dimasukkan dalam Calendar of Events (COE) BPOLBF. Selain itu, industri diimbau untuk menyampaikan informasi terkait layanan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) serta paket wedding, yang nantinya akan didukung promosi melalui katalog resmi BPOLBF dalam format cetak dan digital.
Dalam pertemuan ini, hadir beberapa General Manager hotel di Labuan Bajo, antara lain GM Hotel Luwansa, GM Hotel Jayakarta, GM Hotel La Prima, GM Hotel Parlezo, GM Hotel Ayana, dan GM Hotel Ta’aktana.
-------
Sisilia Lenita Jemana
Kepala Divisi Komunikasi Publik
Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores