Perluas Pangsa Pasar Australia, BPOLBF dan Garuda Indonesia Gelar Table Top dan Famtrip

Created at 2024-08-09

Labuan Bajo, 09 Agustus 2024-

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali berkolaborasi bersama Garuda Indonesia menyelenggarakan Familiarization Trip (Famtrip) dan Table Top Networking Meeting. Famtrip dan Table Top kali ini menghadirkan 5 Travel Agent (TA) asal Australia dan 15 sellers atau pelaku industri wisata di Labuan Bajo.

Ke-5 buyers yang merupakan TA (Travel Agent) asal Australia ini didatangkan langsung oleh maskapai Garuda Indonesia, yakni Flight Center AU, Ignite Travel,  Luxury Escapes, WebJet, dan Garuda Indonesia Sydney. 

Sementara BPOLBF mengajak 15 sellers Labuan Bajo yaitu Ta’aktana Luxury Collection Resort & Spa, Ayana Komodo Wae Cicu Beach, Plataran Komodo Resort & Spa, Menjaga Bay Resort, Sudamala Resort Komodo, NTT DMC, Grand Komodo, Flores Trails, Cajoma Phinisi, Andamari & Adishree Phinisi, East Pearl, Lamain Phinisi, Sea Creatures Dive, iDive Komodo dan Red Whale.                                                                                                                                                                

Famtrip ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada para peserta mengenai daya tarik Labuan Bajo sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia serta untuk membuka peluang dan memaksimalkan penjualan paket wisata baru untuk pasar Australia di Labuan Bajo Flores.                                                                

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) per bulan Mei 2024, Australia menjadi negara urutan ke-2 sebagai kontributor kunjungan wisatawan terbanyak ke Indonesia. Jumlah pertumbuhan kunjungan wisatawan Australia tahun 2024 mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2023 yang per Desember 2023 berjumlah 11,87%. Sedangkan untuk tahun 2024 dengan hitungan per bulan Mei total kunjungan sebesar 11,98%. 

Famtrip ini dilaksanakan di Labuan Bajo Flores selama lima hari (06-10/8/2024) dengan agenda kunjungan ke beberapa spot wisata di Labuan Bajo dan dilanjutkan dengan kegiatan Table Top Networking atau menjalin kerjasama sebagai bentuk program B2B (Business to Business) di Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo. Kolaborasi ini diharapkan dapat  meningkatkan awareness wisatawan dan sekaligus memperluas jangkauan pasar wisman asal Australia untuk berwisata ke Labuan Bajo. 

Frans Teguh, Plt. Direktur Utama BPOLBF menyampaikan bahwa Famtrip dan Table Top Networking yang mempertemukan potensial buyers dan sellers, bisa menjadi peluang untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya Asutralia ke Labuan Bajo dan Flores secara keseluruhan. 

“Famtrip dan table top networking merupakan salah satu cara untuk mempromosikan destinasi wisata kita. Dalam kesempatan ini, para buyers dapat langsung bertemu dengan calon mitra yakni para sellers, juga dapat sekaligus melihat dan merasakan langsung sensasi berwisata ke destinasi-destinasi unggulan yang ada di Labuan Bajo Flores. Harapannya, pengalaman para buyers ini dapat menjadi tawaran yang menarik kepada pasar Australia nantinya” Ungkap Frans.

Senada dengan itu, Raisa L. Niloperbowo, Direktur Pemasaran Pariwisata BPOLBF menyampaikan bahwa ketersediaan akomodasi dan fasilitas wisatawan di Labuan Bajo sudah terverifikasi dan lengkap.                                                                                                            

“Mengenai akomodasi di Labuan Bajo sendiri sudah memenuhi standard pariwisata misalnya perhotelan yang berjumlah 142 hotel dengan jumlah keseluruhan kamar 2527 kamar yang standarisasinya mencakup bintang 4 hingga bintang 5. Begitupun restoran berjumlah 118 restoran dengan sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk menciptakan kenyamanan ketika berkunjung. Dengan memperkenalkan keindahan alam, budaya, dan keramahan masyarakat setempat, serta fasilitas akomodasi yang mendukung kami berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dari Australia ke Labuan Bajo.” Ungkap Raisa 

Novi, sellers dari Lamain Phinisi yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Lamain Phinisi sudah menyiapkan tambahan fasilitas lengkap untuk mobilitas berupa phinisi dan Lamain Cruise bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. 

“Sebelumnya kami sangat senang dengan kegiatan ini karena membantu kami bertemu buyers secara langsung dan bisa menjual paket-paket wisata yang kami miliki dan kedepannya akan berkolaborasi bersama kami menggunakan Lamain Phinisi. Semoga kedepannya semakin banyak tamu dari Australia dan negara lainnya datang berkunjung ke Labuan Bajo menggunakan jasa kami karena kami sudah melengkapi fasilitas lengkap untuk pengunjung seperti tahun ini kami akan melaunching satu tambahan phinisi dan Lamain Cruise” Ujar Novi 

Dalam kesempatan tersebut, Emily Christensen, buyers Luxury Escapes Australia menyampaikan kesannya dan tidak sabar untuk berkolaborasi dengan sellers di Labuan Bajo. 

“Saya sangat terkesan dengan keindahan dan keunikan alam Labuan Bajo di luar ekspetasi kami. Pengalaman ini akan memberikan perspektif baru bagi kami dalam menyusun paket wisata yang menarik untuk pasar Australia. Kami juga sangat tidak sabar untuk mengimplentasikan kerja sama dan kolaborasi lebih lanjut.” Tutup Emily 

 

Familiarization Trip (Famtrip) ini, mendapat dukungan dari industri jasa lainnya di Labuan Bajo yakni: Potato Head Suites & Studio, Meruorah Labuan Bajo, Ta’aktana Luxury Collection, Ayana Komodo Wae Cicu Beach, Loccal collection dan Sudamala Resort Komodo. 

 

---------

Sisilia Lenita Jemana

Kepala Divisi Komunikasi Publik

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores

thumbnail

Bahasa Isyarat Indonesia, Langkah Pengembangan Pariwisata Inklusif di Labuan Bajo Flores

  Labuan Bajo, 19 September 2024-  Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berkolaborasi dengan Komunitas Belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISIND...

thumbnail

Wana Rhapsodya: Event Musik di Tengah Keindahan Alam Parapuar

  Labuan Bajo, 18 Oktober 2024- Dalam rangka meningkatkan brand awareness Parapuar dan menciptakan event baru di Labuan Bajo, Kementerian Parwisata dan Ekonomi Kre...

thumbnail

Festival Lamaholot: Jembatan Melestarikan Budaya dan Persaudaraan

  Labuan Bajo, 17 Oktober 2024-  Festival Lamaholot kembali digelar di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Festival Lamaholot sendiri merupakan salah satu fes...

Ada pertanyaan ?

Lihat FAQ ? atau Hubungi Kami