Perluas Pasar Internasional, BPOLBF dan Garuda Indonesia selenggarakan Famtrip dan Table Top Meeting

Created at 2024-03-22

Labuan Bajo, 22 Maret 2024 

 

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) berkolaborasi bersama Garuda Indonesia kembali menyelenggarakan Familiarization Trip (Framtrip) dan Table Top Meeting menghadirkan 10 TA/TO (Travel Agent dan Tour Operator) Outbound Company dan MICE Company asal Singapura sehingga mampu membuka peluang MICE dan paket wisata baru untuk pasar Singapura. 

 

Famtrip dilaksanakan di Labuan Bajo selama empat hari, (21-24/3/2024) dengan beberapa agenda kunjungan ke beberapa spot wisata di Labuan Bajo, lalu dilanjutkan dengan kegiatan Table Top program B2B (Business to Business) di Ayana Komodo Waecicu Resort, Labuan Bajo. Kolaborasi ini diharapkan dapat makin mempromosikan dan sekaligus memperluas pangsa perjalanan dan MICE Labuan Bajo ke pasar internasional. 

 

Dalam kesempatan ini Garuda Indonesia menghadirkan 10 TA/TO (Travel Agent dan Tour Operator) yaitu EU Holidays, Chan Brothers Travel, Hongthai Travel, CTC, WTS, Namho Travel, Webuy Travel untuk kategori Outbound TA, dan WeConex, Applied MICE, Spledour Holiday untuk kategori Mice Company selaku Buyers, sementara BPOLBF mengajak 18 Sellers atau pengusaha wisata di Labuan Bajo yaitu Ayana Komodo Waecicu Beach, La Moringa, Meruorah Hotel Labuan Bajo, Cajoma Phinisi, NTT DMC, Grand Komodo, Komodo Escape, Jayakarta Hotel, DOCK, Sudamala Komodo Resort, GAHAWISRI, Plataran Komodo Resort, Ta'aktana Luxury Collection, Getrudis Travel, ASITA, ASKAWI, dan AWSTAR. 

 

Dalam sambutannya pada sesi Table Top Meeting Pasar Singapura ini (22/03/2024), Frans Teguh, Plt. Direktur Utama BPOLBF menyampaikan bahwa Famtrip merupakan cara yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi dan produk pariwisata. 

 

"Kami percaya bahwa dengan membuat famtrip dan table top seperti ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam mempromosikan destinasi pariwisata, dan saya harap dengan melaksanakan table top business meeting ini kita bisa mengamplifikasi ke dalam banyak paket tour di Labuan Bajo” ujar Frans. 

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memperluas pasar wisata khususnya Singapura, dengan mengembangkan paket wisata MICE dan Outbound di Labuan Bajo dan Flores, serta meningkatkan kunjungan wisatawan Singapura ke Labuan Bajo. 

 

Lebih lanjut, Frans juga menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia sangat membutuhkan kerja sama yang baik bersama dengan para stakeholders, pengusaha wisata, maskapai dan masyarakat lokal. 

 

"Pemerintah Indonesia sangat membutuhkan kerja sama yang baik bersama para stakeholders, pengusaha wisata, airlines, dan masyarakat lokal dan Kami mengucapkan terima kasih kepada Garuda Indonesia, Ayana Waececu Resort dan semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kolaborasi ini. Semoga Labuan Bajo bisa menjadi destinasi pariwisata terbaik di Indonesia maupun dunia" lanjut Frans. 

 

Di kesempatan tersebut Bayu Kristiawan, Sales Manager Garuda Indonesia menyampaikan bahwa Travel Agent dan Tour Operator Singapura memberikan respon positif atas penyelenggaraan famtrip di Labuan Bajo. 

 

"Saya senang sekali karena akhirnya Garuda Indonesia Singapore bisa berkolaborasi bersama BPOLBF dalam kegiatan Famtrip dan Table Top kali ini bersama TA/TO Singapura. Dengan berbagai koordinasi yang kami lakukan selama ini, kami mendapatkan respon yang cukup cepat dan baik dari TA/TO Singapura dan cukup banyak yang mau ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami sebagai airlines akan terus berusaha dalam mempromosikan Labuan Bajo agar semakin banyak para wisatawan mancanegara yg datang kesini" ujar Bayu. 

 

Senada, Dermot Birchal selaku General Manager dari Ayana Komodo Waecicu Beach menyampaikan bahwa berdasarkan data pemesanan kamar di Ayana, wisatawan Singapura berada pada urutan ke 6. 

 

"Terima kasih karena sudah diajak untuk berkolaborasi dalam kelancaran kegiatan famtrip serta table top untuk Singapore Travel Agent. Berdasarkan data bookingan kamar Ayana di tahun 2023, terdapat bookingan Group dengan 29.61%, Online Travel Agent 27,30%, bookingan website 17.78%, Travel Agent 16.14%, dan Direct Booking 9.17%, dan wisatawan singapura berada pada urutan ke 6 pada bookingan kamar di tahun 2023. Saya harap dengan adanya table top ini, wisatawan Singapura bisa semakin tertarik untuk berkunjung ke Labuan Bajo" jelas Dermot. 

 

Salah satu peserta TA/TO atau buyers Singapura Cathy Loh, menyampaikan bahwa dia akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa mempromosikan Labuan Bajo ke Pasar Singapura.

 

"Ketika saya mendengar kabar bahwa akan ada famtrip dan table top di Labuan Bajo, saya senang sekali, karena ini merupakan kali ke 2 saya ke Labuan Bajo. Saya akan mempertimbangkan terkait tawaran dari setiap pengusaha wisata yang hadir saat ini dan berusaha sebaik mungkin untuk bisa mempromosikan Labuan Bajo ke pasar singapura (When I heard, that Garuda Indonesia will bring us to Labuan Bajo, I am really excited because this is my second time to come in Labuan Bajo. I'll consider about the tour package, and I do my best for supporting and promoting Labuan Bajo for Singapore Market)" jelas Cathy. 

 

Di sisi lain, salah satu Sellers yakni Oyan dari NTT DMC (Destination Management Company) memberi tanggapan atas hasil B2B yang dilakukan pada Table Top kali ini, yaitu pihak seller harus dapat mempersiapkan paket tour agar bisa menyesuaikan dengan segmen pasar buyer. 

 

"Kami berterima kasih kepada BPOLBF dan Garuda Indonesia serta seluruh sponsor yang sudah memfasilitasi kami untuk bertemu dengan potensi buyers dari Singapura. Melalui table top ini kami bisa mendapatkan feedback dari para buyers terkait harga paket wisata di Labuan Bajo apakah masuk ke harga market mereka atau tidak. Dari beberapa buyer yang sudah saya lakukan penawaran tadi, bahwa segmen market mereka adalah luxury, yang dimana seharusnya masuk ke paket tour kita, tetapi ada beberapa TA/TO yang merasa bahwa harga paket tour Labuan Bajo ini cukup tinggi, jadi perlu kami pelajari lebih detail lagi segmen market mereka. Dengan Feedback dari mereka ini, kita harus bisa lebih prepare lagi dengan menyiapkan paket tour yang sesuai segmen pasar buyers" Jelas Oyan. 

 

Adapun agenda Famtrip dari Singapore Travel Agent ini adalah menikmati sunset dinner diatas phinisi, mengelilingi pulau di kawasan Taman Nasional Komodo, berkunjung ke Puncak Waringin, dan aktivitas wisata lainnya. 

 

Kegiatan ini disponsori oleh Garuda Indonesia, Kemenparekraf, BPOLBF, Ayana Komodo Resort Waececu Beach, Ayana Cruise, La Moringa, Royal Mori, Kellan, Cajoma, Grand Komodo, Escape, Plataran Resort, Ta'aktana a Lucury Collection Resort & Spa Labuan Bajo.

 

---------

Sisilia Lenita Jemana

Kepala Divisi Komunikasi Publik

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores

thumbnail

Semarak Labuan Bajo Waterfront Festival 2024, Tampilkan Keindahan Flores dan Budaya Lokal

  Labuan Bajo, 16 November 2024- Semarak Event Labuan Bajo Waterfront Festival (LBWF) yang diselenggarakan oleh Hotel Meruorah Labuan Bajo dan didukung oleh Badan P...

thumbnail

Senandung Dewi Labuan Bajo 2024: Pesona Kekayaan Budaya Desa Wisata Manggarai Barat

  Labuan Bajo, 10 November 2024-  Semarak Event Unggulan di Desa Wisata 2024 (Senandung Dewi) untuk pertama kalinya diselenggarakan di wilayah Floratama di de...

thumbnail

Senandung Dewi Labuan Bajo: Event Desa Wisata Sebagai Etalase Budaya Nusantara

  Labuan Bajo, 07 November 2024-  Dalam rangka mendorong pengembangan dan promosi desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi...

Ada pertanyaan ?

Lihat FAQ ? atau Hubungi Kami