Labuan Bajo, 06 Januari 2025 -
Penyelenggaraan Posko Angkutan Udara Komodo untuk Liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (NATARU 2024/2025) secara resmi berakhir. Acara penutupan dilaksanakan melalui Apel Penutupan pada hari Senin, (06/01/2025) pagi, yang berlangsung di Drop Zone dan Pick-up Zone Terminal Bandara Komodo.
Penutupan posko ini menjadi penanda selesainya operasional terpadu Posko Nataru 2024/2025 untuk Angkutan Udara Bandar Komodo yang berlangsung sejak tanggal 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 dengan terhitung sembilan belas (19) hari pelaksanaan. Posko ini bertujuan untuk memastikan kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan penumpang selama masa libur Nataru dengan pelaksanaannya melibatkan berbagai pihak terkait.
Ceppy Triono, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Komodo, dalam sambutannya pada Apel Penutupan Posko Angkutan Udara Komodo Periode Nataru 2024/2025, menyampaikan bahwa pembentukan Posko Nataru 2024/2025 telah berjalan dengan lancar dan sukses berkat sinergi serta kolaborasi dari berbagai pihak.
"Untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap keselamatan pelayanan penerbangan selama masa natal dan tahun baru maka diselenggarakan posko angkutan natal 2024 dan tahun baru 2025. Dimana dilaksanakan secara terpadu selama 19 hari Kalender. Ini sudah dilalui kita Bersama yang dimulai sejak 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 dengan tagline Liburan Seru Nataru.Maka dari itu, Bandara Komodo sudah membentuk panitia posko Nataru 2024/2025 dan juga sudah menjalankan tugas dengan baik, aman, selamat, lancar sejak tanggal 18 Desember 2024 hingga hari ini. Keberadaan posko ini juga mensinergikan dan mengkolaborasikan tugas kita dalam menyukseskan penyelenggaraan NATARU 2024/2025. Lakukan pengawasan terhadap keselamatan, keamanan serta memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik melalui Bandar Udara Komodo" ungkap Ceppy.
Lebih lanjut, Ceppy menjelaskan bahwa hasil pemantauan pergerakan penumpang di Bandar Udara Komodo selama periode Nataru 2024/2025 mencapai 49.727 penumpang yang datang dan berangkat. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 8% dibandingkan dengan tahun 2023, yang tercatat sebanyak 46.229 penumpang yang datang dan berangkat dari Bandar Udara Komodo.
Puncak pergerakan penumpang pada periode Nataru 2024/2025 terjadi pada tanggal 19 Desember 2024 dan 2 Januari 2025, dengan rincian sebagai berikut:
1. Pada tanggal 19 Desember 2024, tercatat sebanyak 3.151 penumpang yang naik dan turun melalui Bandar Udara Komodo, mengalami kenaikan sebesar 49%. Rinciannya adalah 1.800 penumpang yang datang dan 1.300 penumpang yang berangkat.
2. Sedangkan pada tanggal 2 Januari 2025, pergerakan penumpang mencapai 3.012, mengalami kenaikan sebesar 61% dibandingkan tahun lalu. Rinciannya adalah 1.375 penumpang yang datang dan 1.735 penumpang yang berangkat.
3. Untuk pergerakan kargo selama periode Nataru tahun ini, tercatat peningkatan sebesar 44% dibandingkan dengan angkutan Nataru tahun 2023.
4. Pergerakan pesawat selama periode Nataru 2024/2025 mencapai angka 430 pergerakan, hampir sama dengan pergerakan pesawat di tahun 2023 yang tercatat sebanyak 434 pergerakan.
5. Sementara itu, untuk penerbangan internasional pada periode Nataru 2024/2025, tercatat sebanyak 1.941 penumpang. Puncak pergerakan penerbangan internasional terjadi pada tanggal 28 Desember 2024, dengan 336 penumpang yang datang dan berangkat.
Frans Teguh, Plt. Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mengucapkan apresiasi atas terselenggarannya Posko Nataru Angkutan Udara Komodo 2024/2025 yang berjalan dengan lancar dan aman.
"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan pelaksanaan Posko Nataru Angkutan Udara Komodo 2024/2025. Kesuksesan ini merupakan hasil dari kerja sama yang solid antara berbagai pihak, termasuk Otoritas Bandara Komodo, serta seluruh pemangku kepentingan lainnya yang turut melancarkan penyelenggaraan Posko Angkutan Udara selama Nataru ini". ucap Frans.
Frans menjelaskan akan terus bersinergi bersama semua pihak dalam penyelenggaraan posko-posko berikutnya untuk pelayanan dan kemajuan pariwisata dan pelayanan publik Labuan Bajo.
"Kami siap terus bersinergi dengan semua pihak seperti yang dilakukan selama Nataru 2024/2025. Sehingga adanya jaminan pelayanan transportasi yang aman, nyaman, dan efisien selama periode Nataru ini. Kami berharap sinergi yang telah terjalin dengan baik ini dapat semakin diperkuat ke depannya, demi mendukung kemajuan sektor pariwisata dan pelayanan publik di Labuan Bajo dan sekitarnya". Tutup Frans
Kelancaran Penyelenggaraan Posko Angkutan Udara Komodo selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 ini berkat dukungan dan juga partisipasi dari berbagai pihak yang setiap harinya turut serta menjaga posko untuk kelancaran dan keamanan suasana Nataru 2024/2025. Diantaranya Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai Barat, Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Labuan Bajo, Kantor Imigrasi Kelas III Labuan Bajo, Balai KHIT NTT Satuan Pelayanan Labuan Bajo, Loka Kekarantinaan Kesehatan Labuan Bajo, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, BASARNAS Labuan Bajo, Airport Manager Lion Group Labuan Bajo, Station Manager dan Cargo Operation Garuda Indonesia Labuan Bajo, Station Manager Citilink Indonesia Labuan Bajo, Station Manager Air Asia Indonesia Labuan Bajo, BMKG Labuan Bajo,KP3U Bandar Udara Komodo, Perwakilan TNI AU Bandar Udara Komodo, TNI AD Bandar Udara Komodo, Kantor Cabang Airnav Labuan Bajo, DPPU Pertamina Labuan Bajo, PT. Jasa Flores Dirgantara LBJ, PT. Timor Nusa Dirgantara Labuan Bajo dan PT. Gapura Angkasa Labuan Bajo.
-------
Sisilia Lenita Jemana
Kepala Divisi Komunikasi Publik
Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores