Tingkatkan Sistem Layanan Digital, Taman Nasional Komodo Siapkan SiOra

Created at 2025-01-16

 

Labuan Bajo, 16 Januari 2025, 

Upaya meningkatkan sistem digital layanan informasi Taman Nasional Komodo (TNK) terus dilakukan. Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) selaku pihak pengelola TNK menggelar sosialisasi penerapan sistem layanan digital berupa aplikasi SiOra pada Kamis (16/01/2025) di Zasgo Hotel, Labuan Bajo. SiOra merupakan Sistem Informasi Manajemen Konten Destinasi Wisata (Digital Guide), Konten Regulasi, Reservasi Kunjungan Wisata & Pembayaran Tiket di Taman Nasional Komodo. 

"Sebelum sosialisasi dan uji fungsional aplikasi SiOra ini, kami memiliki perjalanan yang cukup panjang kurang lebih 2 tahun dengan melalui beberapa tahapan hingga penyempurnaan, yang akhirnya hari ini SiOra bisa disosilisasikan, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan kunjungan terbaik dan berkualitas melalui aplikasi SiOra. Program ini juga merupakan salah satu program 100 hari Menteri Kehutanan dalam menerapkan pelayanan digitalisasi di semua lingkungan konservasi." Demikian disampaikan Hendrikus Rani Siga, Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi. 

Hendrikus menjelaskan, dalam proses uji coba aplikasi ini pihaknya membuka ruang bagi para stakeholder untuk saran dan masukan. Aplikasi SiOra tidak hanya terkait pelayanan e-ticketing tetapi juga mengintegrasikan berbagai layanan manajemen informasi Taman Nasional Komodo. 

"Aplikasi SiOra tidak hanya terkait pelayanan e-ticketing tetapi juga mengintegrasikan berbagai layanan seperti manajemen informasi terkait dengan Taman Nasional Komodo. Aplikasi ini sudah bisa difungsikan dengan uji coba sampai tanggal 31 Januari 2025, sehingga kami minta dalam sosialisasi ini, silahkan menyampaikan kendala atau pertanyaan dan saran, secara terbuka dan kita carikan solusinya karena aplikasi ini akan kita gunakan untuk seterusnya." Tambah Hendrikus. 

SiOra memiliki dua platform aplikasi yaitu, Aplikasi mobile berbasis Android dan iOS untuk wisatawan/pelaku dan Aplikasi berbasis web untuk manajemen konten destinasi (Outdoor&Indoor), regulasi, pentarifan, monitoring & laporan dan backoffice untuk reservasi dan pembayaran, aplikasi ini khusus di peruntukan petugas/staff Balai Taman Nasional Komodo. 

Plt. DIrektur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Frans Teguh menyampaikan dukungannya terhadap penerapan aplikasi SiOra yang dalam penerapan kedepannya membutuhkan kolaborasi dengan semua pihak. 

"Kami menyambut positif kehadiran aplikasi SiOra yang kami harapkan dapat mendukung pengembangan Labuan Bajo yang lebih maju, modern, dan berkelanjutan. Pengembangan dan penerapan sistem digital SiOra ini kami yakini dapat menjadi instruktur yang baik dalam menjalankan dan mentaati prosedur yang dapat menciptakan pengalaman berwisata yang aman, bertanggung jawab dan berkualitas. Penyelenggaraan sistem ini tentu saja dapat tercapai melalui kolaborasi serta kepatuhan semua pihak, demi menjadikan Labuan Bajo destinasi unggulan yang lestari dengan manajemen pengelolaan yang tertata, yang dapat diwariskan bagi generasi mendatang." Ujar Frans. 

Kegiatan sosialisasi dilengkapi dengan tayang detail proses penggunaan aplikasi SiOra. Berbagai saran dan masukan para peserta sosialisasi yang hadir juga dihimpun dalam kegiatan sosialisasi, seperti penambahan fitur sarana kesehatan, tombol darurat, serta informasi terkait keselamatan. Selain itu, beberapa masukan lainnya adalah, agar aplikasi SiOra menyiapkan sistem input data reservasi yang lebih sederhana, serta pengintegrasian sistem pembayaran menggunakan kartu kredit serta penguatan sistem keamanan data wisatawan. 

Beberapa point lainnya yang perlu diketahui serta ditindaklanjuti dalam pengembangan aplikasi SiOra adalah, para wisatawan atau pengunjung yang hendak memasuki kawasan Taman Nasional Komodo diwajibkan untuk menggunakan aplikasi SiOra, yang tersedia dalam versi mobile (Android dan iOS) serta website, sebab pembelian tiket masuk kawasan  diproses melalui aplikasi SiOra. Aplikasi ini mendukung sistem reservasi dan pembayaran dengan batas maksimal 7 hari untuk menghindari penumpukan kuota, serta mengintegrasikan berbagai fitur seperti parkir boat dan ranger fee yang transaksinya dilakukan melalui QRIS. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur seperti reschedule, data kunjungan, serta informasi terkait daftar agen perjalanan dan operator yang terdaftar resmi. 

 

Aplikasi SiOra bisa di download melalui playstore melalui link bit.ly/Siora atau melalui appstore bit.ly/SioraAppstore. 

 

-------

Sisilia Lenita Jemana

Kepala Divisi Komunikasi Publik

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores

thumbnail

Eksplorasi Desa Warloka Pesisir: Destinasi Wisata Budaya Pesisir di Labuan Bajo

  Labuan Bajo, 03 Februari 2025-  Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Labuan Bajo memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi baik...

thumbnail

BPOLBF Kembali Lakukan Green Action untuk Pelestarian Lingkungan dan Sumber Mata Air

  Labuan Bajo, 31 Januari 2025- Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) kembali melaksanakan kegiatan Green Action dengan menanam sebanyak 100 pohon den...

thumbnail

Penanaman Pohon di Daerah Rawan Longsor dan Mata Air: Upaya Bersama untuk Konservasi Lingkungan di Manggarai Barat

  Labuan Bajo,19 Januari 2025 -  Upaya segenap pihak menjaga komitmen bersama terhadap konservasi lingkungan dan mitigasi bencana terus dilakukan. Komunitas L...

Ada pertanyaan ?

Lihat FAQ ? atau Hubungi Kami