Bertualang Di Kampung Nelayan Desa Wisata Papagarang

Discover the world heritage within Komodo National Park
Bertualang Di Kampung Nelayan Desa Wisata Papagarang

Dari kejauhan, rumah-rumah panggung khas kampung nelayan berdiri kokoh sepanjang garis pantai dengan latar belakang perbukitan terbuka dengan warna coklat yang mendominasi. Air laut yang jernih dengan visibilitas tinggi menjadi kesan pertama yang akan membuat jatuh cinta pada tempat ini. Terumbu karang dan beragam jenis ikan terlihat jelas berenang riang dari permukaan.

Pulau Papagarang merupakan daerah lintasan kapal-kapal wisata ketika hendak berkunjung ke Pulau Komodo. Secara administratif, Pulau ini masuk dalam wilayah Kawasan Taman Nasional komodo bersama Kampung Komodo, Kampung Rinca, dan Kampung Rinca, dan Kampung Kerora sebagai pulau berpenghuni. 
Hanya terdapat satu desa disini yakni Desa Papagarang. Mayoritas penduduknya adalah nelayan. Ketika hendak memasuki area dermaga pulau ini, terdapat banyak sekali kapal nelayan tradisional dengan bentuk yang khas berlabuh disini.
Walaupun berada dalam kawasan TNK, hewan Komodo tidak hidup di pulau ini.

Sejatinya, nama Papagarang bukanlah nama asli pulau ini. Nama itu berasal dari sebutan aktivitas dan lokasi penggaraman ikan yakni 'Panggaramang'.
Orang terdahulu mengenalnya dengan sebutan Pulau Keramat yang merujuk pada Bukit Keramat yang ada di tengah pulau tersebut. Setelahn orang-orang datang dan bermukim, pulau ini dijadikan tempat untuk penggaraman dan menjemur ikan.

Secara umum, rumah-rumah khas kampung nelayan pesisir ini berbentuk rumah panggung. Lantai bagian atas digunakan untuk tempat tinggal dan lantai bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan peralatan nelayan, juga sebagai tempat beraktivitas seperti menjahit jaring ataupun mgolah hasil tangkapan.
Struktur rumah bagian atas meliputi beranda depan, ruang tamu, kaamr tidur, dan dapur dibagin belakangnya. Dalam kawasan pemukiman ini, tak jarang juga dijumpai rumah-rumah yang telah mengadaptasi arsitektur modern dengan ciri khas menggunakan dinding tembok.

Nuansa kampung nelayan yang kental menjadi daya tarik utama Desa Papagarang mulai dari arsitektur bangunan hingga aktivitas kehidupan sosial masyarakat.
Pulau ini juga didukung dengan lanskap panorama yang indah serta pesona laut yang menawan. Desa Papagarang mayoritas dihuni oleh Suku Bajo dan beberapa suku lainnya seperti Suku BIma, Bugis dan Manggarai.

Setiap pagi, akan sering dijumpai msyarakat melakukan aktivitas menjemur ikan diatas 'papara' di depan rumah ataupun di area tanah lapang yang lokasinya tidak jauh dari kantor desa.
Kapal nelayan Pulau Papagarang secara umum berjenis 'Kapal Bagang'. Kapal ini memiliki bentuk yang khas dengan sayap dibagian kiri dan kanannya sebagai tempat utama untuk menjaring. Secara semiotika, Kapa Bagang ini merupakan karakteristik Desa Papagarang sebagai Kampung Nelayan yang kuat.

Di sisi Timur pulau terdapat Kawasan Hutan Bakau yang ditana, dan dikembangkan oleh masyarakat setempat. Sementara di sisi Baratnya terdapat Pantai Pasir Putih  yang bisa dinikmati untu melakukan aktivitas snorkeling.
Pada bagian tengah, terdapat jalur trekking dari dermaga menuju titik tringulasi bukit untuk melihat pemandangan pemukiman perkampungan dengan latar belakang laut lepas yang mempesona.
Warga setempat menyebutnya Busan yang merupakan akronim dari Bukit Santai. Dari atas bukit ini, tampak sangat jelas kubah Masjid Babussalam yang menjadi gerbang masuk kampung dan dermaga utama.

Saat ini, Desa Papagarang terpilih menjadi salah satu Desa Wisata Tematik oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) bersama 29 Desa Wisata lainnya yang berada di Flores, Alor, Lembata dan Bima (Floratama).

Rencanakan Perjalananmu

icon
Panduan Perjalanan

Ada banyak pilihan untuk sampai ke Labuan Bajo, tergantung dari mana Anda akan berangkat. Mulai dari via darat, laut, atau udara. Cek booklet terbaru Travel Guide Labuan Bajo and Beyond.

Temukan
icon
Rekomendasi

Siapa yang tidak ingin berlibur di Labuan Bajo? Bagi Anda yang ingin menikmati liburan ke Labuan Bajo, sebaiknya unduh terlebih dahulu panduan wisata berikut supaya perjalanan Anda aman dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Dapatkan Rekomendasi
icon
Informasi Visa

Visa merupakan salah satu dokumen wajib bagi Anda para WNA yang akan berlibur ke Labuan Bajo. Pastikan Anda sudah menyiapkan semua dokumen. Klik lebih lanjut untuk informasi rinci.

Baca Selengkapnya
icon
Registrasi Online

Ingin berlibur sambil mengetahui cerita di balik keindahan Labuan Bajo di setiap sudutnya? Kami telah menyediakan sistem informasi untuk mempermudah perjalanan Anda sebelum menuju dan selama berada di Labuan Bajo. Silakan pilih perjalanan mandiri atau menggunakan Travel Agent yang sudah kami sediakan. Daftar Sekarang!

Daftar